banner 400x130

Diduga Tidak Netral, Pematank Desak Ketua dan Anggota Komisioner Bawaslu Way Kanan Tidak Dilantik Kembali

banner 120x600

BANDAR LAMPUNG (KANDIDAT) – Dewan Pimpinan Pusat Pergerakan Masyarakat Analisis Kebijakan (DPP PEMATANK), mendesak Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) RI agak tidak melantik kembali ketua dan anggota komisioner Bawaslu kabupaten Waykanan yang diduga telah melanggar kode etik.

Suadi Romli Ketua DPP Pematank mengatakan, akan sangat menciderai kepercayaan masyarakat kepada lembaga pengawasan pemilu, jika oknum yang jelas diduga tidak netral dan melanggar kode etik, masih kembali menjabat sebagai ketua maupun anggota komisioner.

” Peristiwa ini tentu menjadikan kepercayaan masyarakat terhadap lembaga pengawas pemilu akan berkurang, karena hal ini terlihat sangat janggal, ” Ujar Romli. Sabtu (5/7).

Ditambahkannya bahwa, mengapa Bawaslu bisa kecolongan, sebab jika diteliti seharusnya pendaftar tidak lulus diberkas awal karena kader partai politik. Sudah semestinya penyelenggara setiappendaftar dicek oleh Bawaslu dan KPU tergabung dalam pertai politik atau tidak.

” Jika memang alasan diterimanya saudara Waryun karena saat pendaftar Bawaslu sudah terlebih dahulu diminta untuk mengecek namanya masing-masing apakah terdaftar di Sipol atau tidak, hal demikian kami rasa hanyalah pembenaran yang tidak masuk logika. Pada faktanya saat pendaftar menyerahkan berkas sebaiknya Bawaslu melakukan pengecekan secara langsung ke sipol supaya jelas, nah ini kenapa pendaftar bisa sampai lolos dilantik tidak ada pengecekan, ” kata Romli dengan tegas.

Kembali ditegaskan Romli, bahwa menurut analisa yang dilakukan lembaganya ada kebijakan yang salah yang di telah dilakukan oleh ketua dan anggota komisioner Bawaslu Kabupaten Way Kanan.

” Selain adanya pelanggan kode etik yng dilakukan, ada juga kebijakan yang salah yang telah dilakukan karena meluluskan dan melantik pengurus partai menjadi Panwaslu, ” Tambahnya.

Penggiat anti korupsi ini sekali lagi meminta Bawaslu RI untuk tidak melantik Ketua dan anggota Komisioner Bawaslu Way Kanan yang dinilai menciderai citra Bawaslu.

” Sekali lagi kami meminta kepada Bawaslu RI agar oknum-oknum ini tdak kembali dilantik, karena berdasarkan informasi yang kami dapat mereka kembali mendaftarkan diri dan masuk di penjaringan ketua dan anggota Bawaslu kabupaten Way Kanan, ” Ujarnya.

Menurut Romli, meskipun pada akhirnya yang bersangkutan telah dilakukan pergantian, namun hal tersebut tetap menunjukkan kurang transparan dan independen dari ketua dan anggota komisioner Bawaslu kabupaten Way Kanan.

Diberikan sebelumnya, (AG) melaporkan ketua dan anggota komisioner Bawaslu kabupaten Way Kanan ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) karena telah meluluskan dan melantik Panwaslu kecamatan Way Tuba, yang merupakan pengurus salah satu partai Politik. (RED)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *