banner 400x130

DPRD Kota Bandar Lampung Gencarkan Literasi dan Perpustakaan.

banner 120x600

BANDAR LAMPUNG (KANDIDAT) – DPRD Kota Bandar Lampung menggelar rapat dengar pendapat (RDP) membahas Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Penyelenggaraan lLterasi dan Perpustakaan, pada Kamis, 21 September 2023..

Rapat tersebut dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Dinas Pendidikan, Dinas PPA, Bapeda, Penerbit, dan beberapa perwakilan media cetak di Lampung.

Sekertaris Komisi IV DPRD Kota Bandar Lampung Piska menjelaskan bahwa mereka memiliki usulan Perda terkait penyelenggaraan literasi perpustakaan di kota tersebut.

Tujuan dari Perda tersebut adalah untuk membudayakan literasi di Kota Bandar Lampung. Piska juga menyebut bahwa mereka telah mengusulkan insentif literasi yang sebelumnya telah di Paripurnakan.

Piska menekankan pentingnya mengundang berbagai stakeholder terkait dalam RDP ini untuk menyempurnakan Raperda yang kami buat.

“Rapat ini turut mengundang Stakeholder-stakeholder terkait, guna untuk menyempurnakan raperda yang kami sudah buat,” ujarnya.

Dalam diskusi tersebut, banyak usulan diajukan agar Raperda tidak secara langsung dikaitkan dengan perpustakaan, mengingat literasi adalah bagian integral dari perpustakaan.

Saat ditanya tentang urgensi literasi di Kota Bandar Lampung, Piska menyampaikan bahwa hasil RDP menunjukkan bahwa masih banyak sekolah yang kekurangan buku literasi.

“Perpustakaan sekolah masih memiliki banyak buku paket, sedangkan buku fiksi dan nonfiksi yang mendukung literasi sangat minim,” bebernya.

Dengan disahkannya Perda literasi, Piska berharap akan ada fasilitas yang dapat menyediakan literasi, seperti ruangan khusus di hotel yang menyediakan sumber literasi.

Selanjutnya, Komisi IV akan melanjutkan pembahasan Raperda pada hari Senin, 25 September 2023, untuk membahas pasal-pasal dalam Raperda tersebut.(hen)

banner 325x300

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *